24 Agustus 2011

Hari Gene Masih Ada Oknum PNS yang Sok Penting

Sebenarnyaini uneg2 ane pas berurusan ama salah satu instansi pemerintah. Sebut sajalah "Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padang". Kebetulan ane kesitu mau ngurus terjamahan dan legalisir akte kelahiran ane. Singkat cerita ane sudah bolak balik nih instansi selama 3 kali.

Pas ane datang pertama, alhamdulillah pegawainya cukup ramah dan memberitahu prosedur legalisirnya yang ternyata harus diterjamihin ama instansi bahasa asing yang resmi. Yah udah ane ikutin aja, ane pergi ke itu instansi untuk menerjemahkan akte kelahiran ane. Setelah selesai diterjemahin ane balik lagi tuh keesokan harinya ke kontor catatan sipil. Eh ternyata di hari kedua, pejabat yang berwenangnya sedang tidak ditempat. Sampai di sini petugasnya masih ramah dan ane juga makluk karena ane datangnya juga kesoreaan.

Nah yang jadi petaka justru pada hari ini, hari ketiga. Ane bela2in nih gan datang pagi2 biar nih legalisir cepat selesai, yah maklum lah mana tahu tuh bapak yang mau nandatanganin ada di tempat pagi2. Ternyata ane disuruh menghadap ama ada ibuk2 yg katanya sih, khusus ngurus2in masalah tanda tangan dan legalisir. Pas menghadap ke meja kerjanya, persaan ane mulai rada ngak enak. Nih orang cuek bangat. Pas ane sapa, eh justru bentak ane "mau apa kamu kesini!!!!". MASYAALLAH, yah ane sabar2in aja gan. Dengan senyum ane bilang baik2, "saya mau melegalisir akte kelahiran, buk". Lansung aja sontak si ibuk itu bilang, "Ini ngak bisa sekarang. Kalu bisa juga paling hari jumat". ASTAGHFIRULLAH, legalisir apaan ampe 3 hari, setahu ane yang namanya legalisir itu palingan satu hari klar, itupun udah cukup lambat. Ane jawab aja dengan nada manis "buk apa ngak bisa lebih cepat bu?". Nah gan apa ane salah bilang kayak gitu? Wah, itu ibuk langsung ngata-ngatain ane "Kamu ini maksa saya ya?? Saya ini lagi puasa!!! Orang yang mau nandatanganinnya lagi rapat, ngak ngerti juga kamu?". Apuuun, ane jawab lagi dengan baik2 "Yah, mana tahu bisa lebih cepat bu, kan ibuk bisa bantu juga". Habis ane bilang kayak gitu, itu ibu banting map punya ane sambil ngomel,  "Kalau begitu terserah kamu, kamu bawa aja pulang sana!!!". Gila ini abdi masyarakat apa sipir penjara sih, setahu ane sipir penjara aja ngak sampe giniaan. Entah kebetulan entah apa, ada ibuk lain yang bilang dengan ramah, "udah kamu tinggalin aja dulu, mana tahu bisa cepat siap". Meski bercampur kesal dan sedikit kecewa, ane tinggal aja tuh berkas. Ane lalu nanya lagi "bukti petinggalnya ada ngak bu?", lagi2 tuh ibuk2 marah2 lagi, "kalau hilang punya kamu, biar saya yang ngurusin lagi, ngerti!!!". Bujubuneeee, ngak profesional bgt. Well, akhirnya ane tinggalin aja sambil ngucapkan terimakasih diiringi sumpah serapah dalam hati.
 
Begitulah gan ceritanya. Mungkin di antara agan2 juga pernah merasakan hal yang sama. Yang jadi masalah bagi ane bukan cepat atau lambatnya proses ngurus suratnya, tapi cara tuh oknum pns ngelayanin masyarakat. Apa salahnya bilang baik2, kalau mau diusahahin atau apalah yang bikin kita senang secara psikologis. Mungkin si ibuk merasa dirinya orang penting, berjabatan, lebih "intelek", ato apalah, tapi perlu ingat juga klu yang berurusan ke itu kantor bukan gembel atau orang2 bodah aja. Terus terang aja, sekarang ane lagi nyari2 link or dekingan gan, agar tuh ibuk bisa didisiplinkan ama yang lebih berkuasa. Jangan mentang2 orang butuh, lalu disemena2kan seperti itu. Sikap seperti itulah kebanyakan klu pns masuk karena kkn. Ngak punya persaan plu egois!!! Klu melihat yang seperti ini, ane setuju aja gan, klu pns dipensiunkan dini. Kalau perlu, kita ngak perlu urusan ama para pegawai baju coklat mudah lusuh kayak gitu. Rasanya untuk zaman sekarang, komputer dan mesin online justru lebih manusiawi dari pada oknum semacam ini. Toh bila kualitas pns yang diterima kayak gitu, untuk apa capek2 keluarion apbn yang nguras duit rakyat ampe smaput.

At last, akhir kata bukan maksud ane mau menghujat para abdi negara, karena ortu ane juga pns dan ngak semua pns seperti itu. Tapi ane harap mudah2 pada masa yang akan datang, jangan sampe ada pns-pns yang labilspt ini. Hendaklah para pegawai abdi masyarakat kelak sudah teruji baik iq,eq, dan sq-nya. Agr kita pun senang dan nyaman berurusan ke kantor pemerintahan.

Mohon maaf gan bila ada salah kata. Terimakasih udah mo baca uneg2 ane.


Wassalam

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini

MAIN-MAIN

ads