27 September 2010

WELTHAUPTSTADT GERMANIA: Konsep Ibu Kota Dunia ala Hitler


WELTHAUPTSTADT GERMANIA, yg secara harfiah berarti " Germania: Ibukota Dunia", merupakan mega proyek yg direncanakan oleh Hitler beserta para petinggii Nazi lainnya untuk merenovasi kota Berlin dan menggantinya dengan nama yg baru. Konsep kota ini sendiri di rancang oleh Albert Speer, namun dibeberapa bagian dari rancangan tersebut turut serta jg Hitler dalam memberi sumbansih idenya.

Sebenarnya proyek ini sudah mulai sejak ditunjuknya Jerman sebagai tuan rumah pada Olimpiade 1936. Hal ini ditandai dengan dimulaianya pembangunan stadium Olympia. Akan tetapi ide ini kembali bergaung ketika tentara SS Nazi berhasil mengepung dan menduduki sebagian Prancis pada th 1940. Pada saat itu Hitler mulai merasa di atas angin dan sudah mulai membayangkan dunia dalam genggamannya. Konon kota ini diharapkan oleh Hitler sebagai kota warisan kebudayaan dunia, melebihi kota-kota lain di dunia seperti Paris, London, maupun Moscow.
 
Avenue of Victory


Merupakan jalan sepanjang 5 km yang bermuara pada Brandenburg Gate di pusat kota Berlin. Selain dirancang untuk parade militer, jalan ini juga direncanakan memiliki tol bawah tanah yang luas. Selain itu, di sepangang jalan ini akan dibangun juga gedung-gedung yang megah, termasuk di ataranya stasiun kereta api baru yang akan rencananya akan menggantikan stasiun Anhalter dan Potsdamer yang telah tua. Puing-puing dari galian pondasi jalan ini masih dapat dilihat hingga saat ini.

Volkshalle



Nah ini dia, gedung yang paling ambisius dalam proyek Welthauptstadt Germania. Volkhalle yang secara harfiah berarti "Konon Hitler sendiri yg merancang disai kubah raksasa ini. Terisipirasi dari kubah2 peninggalan Romawi kuno, Hitler menginginkan gedung ini sebagai kubah terbesar di dunia. Selain ukurannya yang super gede, gedung ini juga dihiasi dengan patung-patung ala Romawi kuno yang megah. Selain dirancang sebagai gedung pertemuan, kubah ini juga diperuntukan untuk pentas seni dan pertunjukan opera. Hal ini tentunya berkaitan dengan kegemaran de Fuhrer yang sangat menyukai opera dan film. Meskipun tidak terealisasi, puing-puing dari bekas galian pondasi gedung ini juga masih dapat dilihat di kota Berlin.

Fakta yang lebih menarik, ternyata disain kota Germania ini menjadi salah satu hit dikalangan komunitas disainer grafik dan arsitek.. Banyak diantara mereka yang mencoba mevisualisasikan cetak biru dari kota ini dalam bentuk media grafis sehingga gambaran kota ini bila benar-benar dibangun dapat kita lihat. Ini salah satu hasil karya seniman grafis yg  ada di situs Youtube.com:




Sayangnya proyek ini tidak terealisasi akibat kekalahan Jerman di PD 2. Seandainya terwujud, bisa jadi inilah salah satu kota yang paling Indah di dunia. Sebagi tambahan, berikut ini foto parade tentara NAZI Jerman menjelang Perang Dunia ke 2.

  
Banyak yang mengakui kalau kemiliteran Jerman di zaman Hitler merupakan yang terbaik dalam sejarah umat manusia. Walau begitu perang bukanlah solusi terbaik dari masalah di dunia ini. Mudah-mudah Perang Duania ke 2 adalah akhir dari segala peperangan besar dan era perdamaian yang kita impikan dapat terwujud, meskipun di beberapa tempat di dunia masih ada yang berkecamuk. I WISH IT WILL BE OVER SOON....

SEKIAN

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini

MAIN-MAIN

ads